728x90 AdSpace

JASA KONSTRUKSI DAN PENGADAAN BARANG
Mengabdi Untuk Bangsa Wujudkan Indonesia Jaya
.

JASA KONSTRUKSI DAN PENGADAAN BARANG

Friday, August 5, 2016

Camtasia Studio

CAMTASIA STUDIO
Kegunaan Aplikasi
Aplikasi Pembuat Tutorial dan Editing Video
Informasi Software
Developer (s) TechSmith
Operating System Windows Xp, 7, 8 dan 10 (Tested)
TypeScreencasting dan Video Editing
LicenseShareware
Website www.techsmith.com/camtasia/
Info Lainnya PBM GAPTEK
Tidak saja dunia pendidikan formal yang harus terus produktif untuk menghasilkan bahan-bahan pembelajaran. Perusahaan juga memiliki tuntutan yang sama guna untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada. Di dunia perusahaan banyak sekali kegiatan usaha yang bisa menjadi bahan ajar baik untuk kalangan perusahaan atau masyarakat umum. Selama ini banyak sekali file-file video yang di sajikan secara sederhana, padahal file-file tersebut dapat di kembangkan untuk menjadi sebuah bahan pendidikan yang sangat baik. Salah satunya adalah dengan menggunakan Software Camtasia Studio.

Camtasia Studio adalah sebuah aplikasi (suite software)untuk membuat video tutorial dan presentasi langsung melalui screencast, atau melalui plug-in pada aplikasi Microsoft Office PowerPoint. Banyak para guru dan pelajar menggunakan aplikasi Camtasia Studio untuk menghasilkan materi-materi berupa Audio Visual interaktif yang sangat komprehnsif. Selain mudah di dalam menggunakan aplikasi ini, hasil rekaman juga dapat di edit selayaknya sebuah video profesional. 

Kemampuan rekam aplikasi Camtasia Studio tidak berbatas, dimana bagi pengguna dapat merekam sepanjang waktu yang di inginkan. 

Fitur-Fitur Recording (Cam Recorder)


Penentuan Area (Select Area)
Adalah pengaturan area jangkau rekaman. Dapat memilih full screen (layar penuh) atau costum screen (area tertentu)
Pendukung Recorder (Recorded Inputs)
Selama proses recording, pengguna dapat menentukan apakah mengaktifkan fitur webcam dan audio. Pengaktifan webcame (tentunya bagi komputer yang memiliki piranti webcam aktif) akan menghasilkan rekaman yang di sisipi hasil recorder webcame. Dan pengaktifan audio akan menghasilkan suara pengiring.
Pengaturan Lainnya
Pengguna dapat mengaktifkan fitur mouse effec, suara efek mouse dan menentukan key atau tombol perintah untuk record, pause dan stop.

Hasil Recorder


rec
Adalah sebuah ekstensi file yang di hasilkan dan hanya bisa di buka dengan aplikasi Camtasia Editor. Contoh : panduan.rec
avi
Adalah sebuah ekstensi file yang di hasilkan dan bisa langsung di putar dengan aplikasi pemutar file video dan Camtasia Editor. Contoh : panduan.avi

Fitur-Fitur Camtasia Editor


Clip Bin
Adalah sebuah fitur yang menjadi tempat berkumpulnya file-file pendukung editor seperti, file hasil rekaman atau video berformat avi, audio dan gambar.
Library
Fitur bawaan dari Camtasia Studio yang berisikan fitur siap pakai berupa audio, video animasi dan fitur teks serta gambar untuk memperindah tampilan video tutorial.
Callouts
Fitur bawaan dari Camtasia Stuio yang berguna untuk memberikan efek teks, gambar pola, efek blur, efek fokus dan lainnya. 
Zoom
Fitur untuk menentukan area video tertentu pada video yang akan di edit. Bisa full video atau bagian tertentu di area video.
Audio
Sebuah fitur untuk mengedit audio yang akan di sisipkan pada video. Telah dilengkapi fungsi penjernihan audio, meningkatkan atau mengurangi kualitas video dan lainnya. 
Transitions
Peralihan dari gambar ke video atau video ke video dapat di sisipkan animasi yang sangat indah dan terkesan profesional. Banyak pilihan jenis transisi yang telah di sediakan oleh Camtasia Studio.
Cursor Effects
Pointer atau mouse dari hasil recording menggunakan Camtasia Recorder dapat di edit dengan memberikan animasi atau efek yang sangat membantu di dalam memberikan penjelasan atau pengarahan. Efek berupa pewarnaan, penandaan dan suara. 
Visual Propertis
Video dapat di edit tata letaknya seperti miring, condong dan lainnya. Selain itu, video juga bisa di jadikan transparen. Misalnya, background video berwarna putih dan ingin di ganti dengan background video atau gambar lain, proses penghilangan background utama video dapat dilakukan pada fitur ini dengan cara yang sangat mudah. 
Voice Naration
Sebuah video yang ingin di tambah atau di sisipkan suara pengiring, dapat dilakukan dengan mengaktifka fitur ini. 
Caption
Di dunia perfileman kita mengenal subtitle atau teks penerjemah. Pada aplikasi Camtasia Editor juga bisa kita lakukan dengan memilih menit tertentu dan menyisipkan teks.
Quiz
Bukan saja video, kita juga dapat membuat kuis menggunakan aplikasi ini dengan cara yang sangat mudah.
Fitur Editor File
Ketika sedang mengedit file video, kita dapat menambahkan ruang untuk penyisipan data dengan menambah atau mengurangi ruangnya. Pada aplikasi ini dikenal dengan sebutan Track. Selain itu, kita juga dapat mengcopy, cut dan paste video. Fungsi Undo dan Redo juga tersedia. Selain itu, ada fungsi Trim yang berguna untuk memotong file video dan audio. 
Produce and Share
Setiap file video yang sudah selesai di edit dan siap untuk digunakan, dapat di render atau melalui proses akhir. Ada beberapa format video yang di hasilkan. Seperti Avi, Wmv, Mov, Mp4, Mp3, dan Gif. Sesuai dengan kebutuhan. 

Daftar Materi Pembelajaran

Pilihlah materi interaktif di bawah ini sesuai dengan judul untuk memutar tutorial interaktif penguasaan aplikasi Camtasia Studio. 


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Camtasia Studio Rating: 5 Reviewed By: kampunggabungmakmur
Scroll to Top